Sunday, November 20, 2011

Tips Menghemat Usia Baterai HP

Saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa HP adalah salah satu alat yang sangat penting dan dibutuhkan. HP bukan lagi barang mewah seperti jaman dulu, semakin tahun pengguna HP juga semakin meningkat. Namun sayangnya banyak pula orang yang memakai HP namun tidak terlalu memperdulikan ketahanan atau usia baterai itu sendiri. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba agar baterai bisa tahan lama dan memperpanjang usia HP.
1.      Matikan fungsi getar pada HP
Untuk mengirit pemakaian baterai, matikan fungsi getar pada HP. Jika tidak berada dalam kondisi yang mengharuskanmu mematikan bunyi HP, nyalakan bunyi HP tanpa menggunakan getar. Sedangkan pada keadaan santai, aktifkan ringtone atau aktifkan tanda getar, pilih salah satu saja, jangan aktifkan keduanya. Getar HP sangat cepat menghabiskan tenaga baterai jika dibandingkan kamu hanya menyalakan ring tone telepon selularmu. Nggak percaya? Coba perhatikan dan hitung berapa lama bateraimu bisa bertahan jika kamu tetap menggunakan fungsi getar.
2.      Non aktifkan Animasi gerak untuk background HP / Screensaver
Kalau kamu ingin menggunakan gambar background pada HP, sebaiknya pilih gambar dengan format JPEG daripada gambar atau animasi dalam format GIF (gambar gerak). Karena gambar gerak yang menjadi background pada HP berarti teleponmu bekerja dua kali lebih keras dan pastinya akan menguras bateraimu lebih cepat. Atau jika bisa, gunakan background satu warna (warna hitam atau lainnya) pada HP.
3.      Charge baterai dengan durasi yang pas
Sering kali baterai bocor dan drop disebabkan durasi pengisian baterai yang terlalu lama dan tidak tepat. Saat mengisi ulang baterai, sebaiknya pastikan kondisi HP dalam keadaan nonaktif (mati). Kondisi HP dalam keadaan mati membuat baterai HP menyerap tenaga dari sumber listrik lebih cepat dan mengisi tenaga dengan sempurna. Sebisa mungkin, charge HP jika baterai memang sudah perlu untuk diisi ulang. Isi baterai HP kamu selama kurang lebih 2 jam (dalam keadaan nonaktif) maka HP-mu sudah siap untuk digunakan kembali. 
      4.   Non-aktifkan HP jika tidak ada sinyal
Salah satu faktor yang menyebabkan bateraimu cepat habis adalah kondisi HP yang tidak mendapatkan sinyal. Ketika telepon selularmu nggak mendapatkan sinyal sama sekali maka HP akan terus berusaha mencari sinyal dan dengan demikian HP terus menerus bekerja. Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya mulailah untuk restart HP supaya sinyal bisa tertangkap dengan mudah. Atau jika sinyal tidak juga masuk ketika HP sudah restart berkali-kali sebaiknya matikan dulu HP kamu beberapa saat. Ini dimaksudkan untuk memberikan waktu istirahat pada HP agar bisa bekerja secara optimal ketika kembali dihidupkan.
5.      Semakin canggih ponsel, semakin banyak menyerap tenaga
Misal jika kita ingin mengabadikan sesuatu, tentu saja jika kita memotret objek dengan HP yang beresolusi rendah dibandingkan resolusi tinggi, tenaga baterai yang diserap lebih banyak yang beresolusi tinggi. Jika ponsel canggih tidak digunakan untuk memotret atau aplikasi lainnya, niscaya baterainya akan tahan lama.
6.      Memakai game, aplikasi, internet dalam waktu lama
Pemakaian aplikasi-aplikasi ataupun memainkan sebuah game dalam HP memang kadang mengasyikkan, banyak yang memainkan game di HP nya untuk sekedar mengisi waktu, menuggu dsb. Namun harap diingat pemakaian terus-menerus akan mengakibatkan baterai cepat habis juga, apalagi game yang berkapasitas besar.
7.      Jangan terlalu sering men-charge baterai
Jika anda memang ingin baterai HP anda tahan lama, gunakan HP seperlunya saja. Karena usia baterai juga tergantung dari seringnya kita men-charge nya. Untuk NiCad (Nicad Cadmium) setelah kurang lebih 300 kali charges menurun kapasitasnya. NimH (Nikel Methal) setelah 500 kali charges menurun kapasitasnya. Baterai Lithium sekitar 1000 kali charges dan baterai Li-Ion Polymer sekitar 1500 kali charges. Jadi kalau tak perlu jangan sering-sering mencolok ponsel ke listrik.
8.      Matikan fungsi-fungsi lain yang tidak sedang Anda butuhkan, seperti infra merah, bluetooth, dan wifi
Semua fungsi tersebut memakan daya baterai jika diaktifkan. Anda juga dapat menghemat daya baterai dengan mematikan backlight. Tentu saja hal ini hanya dapat dilakukan pada siang hari atau di tempat yang memiliki penerangan cukup, karena jika tidak, Anda tidak dapat melihat tampilan layar.
9.      Melakukan percakapan telepon seefisien mungkin
Ponsel tidak dirancang untuk bercakap-cakap dalam waktu lama karena hal itu dengan cepat menguras daya baterai. Selain menghemat tenaga baterai ponsel, berbicara seefisien mungkin tentu saja juga menghemat pulsa kita.he.....
10.  Jangan terlalu sering mencharge HP di mobil
Nah ini buat yang suka berpergian jauh nih dan yang suka mencharger HP di mobil usahakan jangan terlalu sering. Karena Voltase pada kendaraan sering tidak stabil,sehingga dapat mengakibatkan tidak stabilnya arus listrik yang masuk kedalam baterai, sehingga bisa menyebabkan umur baterai menjadi pendek.
Sekian beberapa tips menghemat usia baterai, semoga bermanfaat..^_^

No comments:

Post a Comment